Rabu, 02 April 2014

Review: Test IMO Turbo S99, Quadcore 5 Inchi, Layar Full HD plus OGS

IMO tidak henti-hentinya menggulirkan smartphone untuk beragam segmen. Setelah meluncurkan IMO Turbo dengan Octa Core, kali ini IMO melepas IMO Turbo dengan kemampuan sedikit dibawah Clarity namun dengan harga yang jauh lebih miring.
Dengan kamera 13 megapiksel dan layar OGS sebagai andalan, smartphone satu ini bahkan menyematkan internal storage yang lebih lega yaitu 32 gigabite. Nah, mau tau apa saja kelebihan lainnya?

Desain

140 x 70.5 x 8.3 mm; 127 gram; full touchscreen; tombol lock/power, tombol volume, loudspeaker, port microUSB, port audio 3.5mm, lubang mic

Turbo hanya sedikit lebih tebal dibandingkan Turbo namun tetap hadir dalam nuansa premium saat digenggam dengan desain slim compact. Menggunakan bahan plastik untuk back casingnya namun mouldingnya rapi dan kokoh.
IMO Turbo S99 1
Bagian depannya full hitam seolah-olah seluruhnya merupakan layar sentuh. Sedangkan sisi body dan bagian belakang berwarna biru maroon yang cenderung terlihat gelap.

Bagian depan atas diletakkan kamera depan pada sisi kiri yang berdampingan dengan lampu indikator untuk charging. Ponsel ini menyediakan 3 sensitive touchkey di bagian bawah layar yakni Setting, Home dan Back.
IMO Turbo S99 2
IMO Turbo S99 3
IMO Turbo S99 4
IMO Turbo S99 5
Tombol power On/Off dan volume berada disisi kanan. Sisi atas diisi dengan port charging/data serta port audio. Bagian belakang diisi oleh kamera yang diletakkan agak ke kiri lengkap dengan LED flash. Sedangkan lubang udara speaker serta tulisan IMO berada dibagian bawahnya.

Diusung sebagai ponsel dual SIM, IMO Turbo memiliki 1 slot SIM Card biasa dan satunya slot micro SIM. Untuk memasang kedua kartu SIM, Anda harus melepas baterai terlebih dahulu. Sedangkan slot microSD eksternal diletakkan diatas slot SIMCard.

Display

Layar sentuh IPS LCD kapasitif 16 juta warna, 1920 x 1080 pixels, 5 inches, ~480 ppi; multi touch; OGS (One Glass Solution)

Buat Anda yang gemar menonton video, dan mobile gamer sepertinya akan tertarik dengan layar yang dimiliki oleh IMO Turbo. Smartphone ini mengusung dimensi layar Full HD 5 inci yang didukung teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Artinya, resolusi full HD menjadikan layar smartphone ini nyaman untuk digunakan menikmati koleksi film HD favorit. Sedangkan tingkat kerapatan piksel yang mencapai 480 ppi membuatnya mampu menyajikan gambar yang cukup tajam.
Display
IMO Turbo juga mengusung One Glass Solution (OGS) yang mampu memberikan tampilan lebih jernih dan jelas dari semua sisi. One Glass Solution adalah panel sentuh yang menyatukan keseluruhan bagian dari kaca, penutup lensa, sensor substrat dan sensor sentuh ke dalam lensa penutup. Tujuannya untuk mengurangi biaya bahan, ketebalan dan berat dari perangkat.

Layar sentuh kapasitifnya memiliki sudut pandang yang luas dan lapang, sangat cocok untuk menyajikan game yang menuntut grafis tingkat tinggi.

Sistem Operasi dan UI

OS Android Jelly Bean v4.2.2 (Jelly Bean)

Mengusung Android Jelly Bean, IMO Turbo menyediakan antarmuka yang unik dan khas. Anda dapat menemukan wallpaper animasi dengan kualitas grafis yang tajam dan hidup.
OS Dan UI 1
OS Dan UI 2
Tersedia beragam settingan mulai dari gambar untuk jam digital (menyangkut warna, effect, hingga bisa menambahkan suhu secara aktual), memilih tema, tema-tema wallpaper premium, hingga setting untuk drawer.

Anda dapat juga menempatkan widget untuk nomor kontak utama disatu halaman dengan tampilan video berjalan. Tujuannya agar terlihat lebih menarik dan Anda dapat langsung menelpon kontak penting tersebut tanpa harus membuka daftar kontak didalam menu.

Hardware dan Benchmark

Prosesor Quad-core 1.6 GHz MT6589; GPU PowerVR SGX 544MP; 2GB RAM; Internal Storage 32GB; baterai Li-Ion 2000mAh (replaceable)

Smartphone ini menggunakan prosesor 4 (empat) inti (quad core) CPU model MTK MT6589 dengan clock speed 1,6 GHz. Untuk mendukung kinerja sistem dan aplikasi di dalamnya, Turbo memiliki kapasitas memori 2GB RAM, memori internal 32GB dan memori eksternal microSD hingga 32GB. Sementara itu, untuk kualitas grafisnya, IMO Turbo mengandalkan GPU PowerVR SGX 544MP.
Hardware Dan Benchmark 1
Hardware Dan Benchmark 2
Dengan dukungan grafis demikian, saat pengujian menjalankan beberapa game berat kualitas gambarnya tidak patah-patah atau hang. Perpindahan layar pun terasa smooth dan sangat ringan. Performa multitasking berjalan baik tanpa kesulitan.

Untuk pengujian dengan menggunakan Antutu Benchmark, skor Turbo mencapai 15393. Sedangkan dengan menggunakan aplikasi Quadrant Standard, IMO Turbo berhasil memperoleh skor 5836.

Perbandingan Hasil Benchmark
Hasil Benchmark

Konektifitas

Quadband GSM 850/900/1800/1900 MHz; HSDPA 900/2100 MHz; GPRS ,EDGE, HSPA+; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot; Bluetooth v4.0, microUSB v2.0; GPS
Konektifitas 1
Konektifitas 2
Konektifitas 3
Ponsel dual SIM ini dilengkapi dengan dukungan koneksi yang lumayan lengkap dari Wi-Fi hingga HSPA+. Anda dapat menjelajah dunia maya dengan kecepatan hingga 42Mbps. Sementara fitur personal hotspot menyediakan pilihan berbagi koneksi via wireless tethering, Bluetooth. Bila dibandingkan dengan Clarity, yang tidak ada pada Turbo adalah NFC.

Selain browser bawaan Android, Turbo menyediakan browser lain yaitu One Browser yang saat uji coba terasa lancar dan menyediakan beragam fitur menarik.

Kamera dan Video

Kamera belakang 13MP (4128 x 3096 pixels), Autofocus, LED flash, Geo-tagging, Touch focus, Face detection, HDR; Perekam video, video stabilization; Kamera depan 2 MP

IMO Turbo memiliki kamera utama yang sudah dilengkapi dengan LED Flash. Dengan resolusi kamera sebesar 13 megapiksel tentunya Anda tidak perlu meragukan hasilnya. Kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel rasanya sudah mencukupi untuk sekedar berselfie ria.
Kamera 1
Kamera 2
Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, ponsel ini menyediakan banyak pengaturan pada kamera. Mulai dari pencahayaan, efek warna, mode adegan, keseimbangan putih, properti gambar hingga anti flacker.  Sedangkan pengambilan foto masih menyediakan efek tambahan seperti suara pengambilan foto, pendeteksi wajah, bidikan senyum, HDR, deteksi pemandangan otomatis ataupun timer otomatis. Untuk perekaman video terdapat beberapa pengaturan mulai dari EIS, mikrophone, mode audio, efek hingga kualitas video.

Kualitas output foto indoor maupun outdoor sama baiknya. Kualitas gambar indoor cukup tajam dengan detil gambar yang terlihat jelas berkat mode auto fokus otomatis.

Hasil Kamera

Indoor
Photo Indoor 1
Photo Indoor 2
Outdoor
Photo Outdoor 1
Photo Outdoor 2

Fitur Tambahan

Radio FM, Kingsoft Office, Studio Film,
Fitur Tambahan 1
Fitur Tambahan 2
Untuk keperluan hiburan, tersedia multimedia MP3 player yang ada sudah dilengkapi dengan pengaturan output audio seperti bass boost, 3D effect, preset reverb dan pengaturan lainnya. Music equalizer dan efek 3D akan terasa saat Anda menggunakan earset bawaan. Sebagai tambahan, earset bawaan sudah menggunakan pita pipih yang anti kusut.

Melengkapi hiburan audio lainnya, IMO Turbo dilengkapi dengan RadioFM. RadioFM ini menyediakan fitur loudspeaker dan perekaman.

Kelebihan
• OGS
• IPS
• Banderol murah

Kekurangan
• Tanpa NFC
• Kapasitas baterai kurang pas untuk fitur sebarek
Kesimpulan
Kesimpulan

Ponsel menengah namun bergaya premium ini dilengkapi dengan seabreg fitur menarik. Smartphone ini juga sudah menggunakan dual SIM Card dengan pilihan slot SIM biasa atau slot micro SIM. IMO Turbo sudah menyajikan performa yang responsif dan tidak menunjukkan gejala lag. Anda juga dapat melakukan panggilan video dengan mudah..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design By Dytoshare - Published By ATEP-NJMX