Rabu, 02 April 2014

Review: Advan Vandroid T5C, Serupa iPad Mini, Bisa Buat Nonton TV

Gencar merilis tablet rupanya jadi strategi andalan buat Advan untuk menguasai pasar tablet Android tanah air. Mulai dari layar 7 inci, Advan kini beranjak ke layar 8 inci yang dipelopori oleh Apple dengan produk fenomenalnya iPad Mini. Berisikan platform Android Jelly Bean yang telah ditunjang pula dengan kemampuan melakukan panggilan telepon, T5C siap pikat konsumen tanah air dengan desain ala iPad Mini. Dibanderol dengan harga sekitar 2 juta rupiah, produk berkode nama VandroidT5C ini pun siap memikat calon konsumen tanah air. Lantas seperti apakah performa Vandroid T5C ini? PULSA menyiapkan ulasannya untuk Anda.
Desain

Dimensi: (WxDxH) : 200 x 154 x 10 mm; Weight: 360g
Advan Vandroid T5C 1
Mengusung desain menyerupai iPad Mini, T5C siap memikat pengguna dengan paduan warna silver dan putih. Dengan dimensi 200 x 154 x 10 mm, T5C punya bobot yang terasa ringan dalam genggaman.
Advan Vandroid T5C 2
Advan Vandroid T5C 3
Advan Vandroid T5C 4
Pada posisi vertikal, Anda dapat menemukan tombol power yang berdampingan dengan tombol volume di sisi kanan. Sementara, pada sisi atas bertengger port audio/headset. Untuk mengisi daya, port microUSB disematkan pada bagian bawah bodi.

Slot kartu SIM dan kartu microSD bersembunyi dibalik tutup kecil yang berada pada bagian belakang bodi.

Hardware

Prosesor: Mediatek MTK 8382 Quadcore 1.3GHz; GPU: Mali-400MP; RAM: 1GB; Storage: 8GB (5.32GB User Available)

Dengan mengandalkan prosesor Mediatek Quadcore berkecepatan 1.3GHz, T5C dapat diajak untuk bermain game HD dengan lancar. Ditunjang dengan RAM sebesar 1GB, Anda dapat menginstal aplikasi dan game ke 1GB ruang penyimpanan internal miliknya. T5C juga dapat Anda jejali dengan data berkapasitas hingga 5GB. Jika memori yang dimiliki dirasa kurang, Anda dapat menyisipkan kartu microSD ke slot yang bersembunyi dibalik penutup kecil pada bagian belakang.
Hardware 1
Hardware 2
Pengukuran kinerja dengan Antutu menunjukkan angka 15391 yang membuat tablet ini terpaut tipis dengan Nexus 4. Pada pengujian dengan Quadrant Standard, T5C meraih skor 5678 yang menempatkannya pada posisi paling atas. Sedangkan test grafis dengan Nenamark2 menghasilkan skor 49.8fps atau di peringkat kedua.

OS dan Interface

Android 4..2.2 Jelly Bean: Advan Store, BlackBerry Messenger, File Manager, ToDo, dsb.

Mengusung Android Jelly Bean 4.2.2, T5C menghadirkan fitur native Android serta beberapa aplikasi bawaan khas. Sementara untuk interface, T5C punya 5 halaman homescreen yang tampil layaknya interface Android Jelly Bean.
OS Dan Intereface 1
OS Dan Intereface 2
Urusan chatting, Advan sudah menyematkan BlackBerry Messenger. Sementara untuk mendapatkan ragam konten dari Advan, Anda dapat membuka Advan Store. Didalamnya sudah dibekali dengan beragam aplikasi, game hingga berita lokal terkini.

Display

7.85" IPS LCD, capacitive touchscreen (1024 x 768) piksel

Vandroid T5C mengusung layar IPS LCD berdiagonal 7.85 inchi berteknologi kapasitif dengan resolusi 1024 x 768 piksel. Dengan bekal layar IPS, Anda dapat menikmati gambar yang jernih serta tetap jelas meski dibawah terik sinar matahari. Dengan kemampuan multitouch 5 jari yang cukup responsif, T5C menawarkan kualitas grafis yang lumayan baik.
Display
Display T5C punya beberapa menu pengaturan seperti Daydream, ukuran huruf, kecerahan, wireless display dan sebagainya. Meski sudah menggunakan layar IPS, T5C ternyata tidak punya pengatur kecerahan otomatis.

Kamera dan Video Recorder

Kamera Belakang: 8MP Depan: 2MP; Video: 3gpp

Bermain diharga dua jutaan, T5C datang dengan kamera belakang 8 megapiksel yang sangat cocok untuk dipakai mengabadikan momen. Sementara untuk kamera depan, Advan membekali T5C dengan kamera 2 megapiksel yang pas untuk video call dan video chatting.
Kamera
Hasil jepret kamera T5C diluar ruangan terlihat cantik dan natural. Sementara untuk mengambil gambar didalam ruangan, kamera T5C sudah dibekali dengan lampu flash yang sangat berguna untuk membantu pencahayaan.

Menariknya, kamera T5C ternyata sanggup diajak untuk merekam video hingga resolusi FullHD 1080p. Pengaturan resolusi hanya ada tiga masing-masing medium, high dan fine yang mewakili resolusi 480p. 720p dan 1080p. Rekaman video disimpan dalam format 3gpp dengan besaran sekitar 8MB untuk durasi 5 detik.

Internet dan Konektivitas

Konektivitas: HSDPA, WiFi 802.11 b/g/n; Browser: HTML

Dengan slot kartu yang disediakan, Anda dapat menggunakan paket data 3G yang ditawarkan oleh operator GSM untuk terhubung ke internet. Sama seperti perangkat Android lain, T1Ci juga dapat dipakai sebagai portable hotspot.
Internet
Urusan jelajah internet pengguna dapat memilih browser bawaan dan Chrome. Browser bawaan dapat digunakan untuk membuka 16 halaman sekaligus.

Beralih ke konektivitas, T5C menggunakan Bluetooth dan kabel data untuk bertukar data antarperangkat. T5C juga dilengkapi dengan fitur wireless input device yang memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk menghubungkannya dengan mouse dan keyboard.

Telepon dan SMS

Dual SIM: 3G/HSDPA;

T5C punya dua slot kartu SIM yang sama-sama mendukung jaringan data 3G. Anda dapat memilih kartu SIM yang akan dipakai untuk 3G dengan masuk ke menu panggilan video serta menentukan salah satu kartunya.
Telepon Dan SMS
Selain dapat dipakai untuk berselancar internet, Anda juga dapat menggunakan T5C untuk bertelepon serta mengirim sms. Dengan bekal kamera 2 megapiksel didepan, pengguna tentu dapat memanfaatkannya untuk melakukan video call atau video chatting.

Video Player dan TV Analog

Video Player: Live Video Thumbnail; TV Analog

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan hiburan, Advan membekali T5C dengan video player yang mampu memutar file video dalam beragam format. Jika Anda masuk ke galeri, maka Anda dapat melihat live thumbnail dari video yang disimpan dalam tablet.
Video Dan TV Analog 1
Video Dan TV Analog 2
Sementara dengan bentang layar yang lebar, menonton televisi tentu dapat Anda jadikan sebagai alternatif untuk mendapatkan hiburan. Dengan antena di bagian belakang yang dapat diputar, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan gambar yang jernih sesuai dengan channel yang dipilih.

Audio Player dan Radio FM

Music Player: Sound Effect, Equalizer, Preset Reverb; Radio FM

Selain menonton tayangan televisi dan juga film, pengguna juga dapat mendengarkan musik menggunakan musik player yang telah dilengkapi pula dengan efek suara seperti equalizer, 3D effect, bass boost hingga preset reverb.
Audio Dan Radio
Pengguna juga dapat mendengarkan siaran radio FM menggunakan T5C. Sayang sekali pengguna ternyata diharuskan menyematkan headset lebih dulu yang juga berfungsi sebagai antena.

Kelebihan
• Prosesor Quadcore 1.3GHz
• TV Analog
• Kamera 8MP
• Rekam Video 1080p

Kekurangan
• Tanpa port HDMI
• Tanpa fitur autobrightness
• Aplikasi bawaan minim
Kesimpulan
Kesimpulan:

Dilepas dengan banderol harga dua juta, menjadikan T5C sebagai tablet yang pas untuk Anda yang mendambakan tablet dengan desain mirip iPad Mini namun dengan harga lebih terjangkau. Selain mengunggulkan desain, T5C juga mengandalkan kamera 8 megapiksel serta fitur TV analog untuk memikat calon pembeli..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design By Dytoshare - Published By ATEP-NJMX